Entri Populer

Home , , � Panduan Menulis Blog Sederhana

Panduan Menulis Blog Sederhana

Setelah beberapa kali keliling-keling bersama para blogger, komentar sana-sini ternyata tidak sediki blog yang baru berisi beberapa artikel sudah ditinggalkan pemiliknya. Ini dikarenakan para blogger terkadang merasa tidak ada lagi ide-ide dan pengalaman menarik yang bisa dibagi. Memikirkan ide untuk menulis memang susa. Kata siapa mudah?. Tetapi tidak juga harus dipersulit. Maksudnya?. Maksud saya begini, untuk memulai menulis jangan pernah memikirkan ide apa yang akan dituliskan. Sampaikan saja apa yang kita rasakan. Biarkan saja mengalir.

Seorang sahabat nonadita.com pernah bertanya kepadanya, "Apa yang sebaiknya saya blog-kan?" nonadita langsung menanggapi dan menjawab, "cobalah menulis hal-hal yang dialami sehari-hari, misalkan kamu suka jalan-jalan maka tulislah tetang pengalaman jalan-jalan terakhirmu".

Mulailah dengan hal-hal yang disukai terlebih dahulu
Cobalah menulis hal-hal yang kita sukai. Jangan menulis sesuatu yang tidak kita kuasai. Walau terkadang topik tersebut sedang populer dikalangan blogger lainnya.  Tetapi tidak ada salahnya juga menambahkan topik yang sedang hangat dibicarakah. Beberapa kali menulis hal yang sedang populer  juga bisa menimbulkan anggapan  bahwa pemilik blog berwawasan  luas. hehehe :ketawa:

Ide tulisan sering sekali muncul di waktu yang tak terduga. Bisa saja ide muncul tiba-tiba, ketika melihat kotak sampah  kosong yang dikelilingi dengan sampah misalnya. Ini bisa menjadi tulisan bagus, Tulisan kritis yang dihasilkan dari ide sederhana.

Ketika ide muncul bergeaslah untuk mencatat ide tersebut. Bisa kita catat di HP, kertas kecil dan jika tidak ada media lain tisu bisa dijadikan alternatif. Jangan pernah menunggu mencatat ide yang muncul. Karena terkadang ide yang muncul tiba-tiba bisa menjadi tulisan luar biasa.

Nah sekarang tunggu apa lagi? segera tulis apa yang mau anda tulis. Jutaan pembaca akan siap berbagi dengan anda.

Sekian dari saya. dilahkan didiskusikan disini jika ada masukan.

6 komentar to "Panduan Menulis Blog Sederhana"

  1. Unknown says:

    iya... betul kayaknya gw terlalu tergesa-gesa ya sob,.... hahaha..

  2. Jay says:

    iya, jangan terlalu dipaksakan... santai aja, kayak di pantai... hehehehehe....

  3. Unknown says:

    hahaha...

    gw mo bikin blog atu lgi ah,, buat yang bisnis aja hehehe nih blog gw yank sekarang cuma tempat bikin cerita sarep aja...
    oya ni gw bru posting baca ye... http://lanover.wordpress.com/2010/10/09/andai-gw-jadi-pesulap/ koment juga whehehe...

  4. Puspita says:

    Membangun kreatifitas siswa menulis sejak kecil juga sangat penting .... terima kasih ilmunya.

  5. saya sepakat pada poin itu:mulailah dari hal yg kita sukai,kapan dan dimanapun.tulislah segera...

  6. Jay says:

    menulis sejak dari kecil memang sangat baik untuk memupuk kreatifitas,,, dan melatih kemampuan verbal si anak

Leave a comment

Jika ada pendapat dan masukan silahkan tinggalkan komentar di sini

Terima kasih.