Entri Populer

Home , � MultiPoint Alternatif Media Pembelajaran Baru

MultiPoint Alternatif Media Pembelajaran Baru

Di era yang penuh dengan teknologi seperti sekarang komputer sudah mulai harus lebih dimanfaatkan lagi. Bukan hanya dijadikan hiasan mempercantik meja kerja atau dijadikan pajangan yang menimbulkan kesan mewah. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan komputer, apa lagi jika dilengkapi dengan akses internet. Dalam dunia pendidikan misalnya. Kegiatan belajar akan semakin hidup dan pasti akan menimbulkan minat belajar yang lebih kreatif. Internet akan membantu siswa menemukan informasi-informasi baru.

Kita semua pasti tahu, komputer dan internet masih sangat jauh dijangkau oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Pemerintah akan mencoba memperkecil rasio siswa yang menggunakan komputer di sekolah  mencapai nilai 20:1. Ini tidak mudah, walau pemerintah sekalipun. Dilihat dari keadaan sekarang, rasio pengguna komputer di sekolah oleh siswa masih sangat memprihatinkan, yaitu 1.000 :1.


Karena itulah diluncurkannya sebuah teknologi baru dalam dunia pendidikan. Teknologi MultiPoint namanya. Teknologi ini dimaksudkan untuk menunjang pendidikan di negara-negara berkembang. Tentu dengan tujuan memperkecil anggaran yang harus dikeluarkan, dan tidak harus menyediakan lima puluh kali lipat dari komputer yang ada sekarang.Dengan teknologi ini diharapkan akan memperkecil rasio siswa pengguna komputer. 
 
Apa Sebenarnya MultiPoint Itu?
Di Indonesia ada beberapa sekolah yang sudah sanggup menfasilitasi kelas belajar dengan beberapa komputer dilengkapi akses internet. Ada juga yang hanya sanggup menyediakan satu unit komputer saja, dan mengharuskan siswa besikut-sikutan ria. Rebutan komputer di kelas saat belajar tidak akan bisa dihindari.

Dengan MultiPoint maka hanya dengan satu unit komputer dan infocus saja siswa akan dan guru bisa menggunakannya secara bersamaan.
Lho, Kok bisa?   saya juga semper bingung ketika pertama kali mengetahui informasi ini. kita langsung lihat aja yuk gambar dari nonadita.com


Sudah lihat kan gambarnya?
Jadi MultiPoint itu adalah teknologi yang bertujuan untuk memperkecil rasio antara siswa dan komputer plus memnjadikan suasana belajar lebih menyenangkan. Satu kelas hanya membutuhkan satu komputer saja yang terhubung dengan dengan (maksimal) 40 tetikus dan ditambah 1 proyektor untuk menampilkan materi pembelajaran.

Setiap siswa bisa menggunkan tetikusnya masing-masing. Pasti pada bingung ya? *ketawa*. Ya nisa aja, namanya teknologi. Begini sistemnya, setiap siswa memiliki pointer sendiri berbentuk icon-icon lucu dan nama masing-masing siswa. tidak perluh bergiliran mengklik jawaban yang disajikan karena setiap klik jawaban masuk ke account-nya sendiri.
Dalam praktik yang telah diuji cobakan di SD Muhammadiyah Condong Catur ternyata teknologi ini benar-benar bisa menjadikan siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar pembelajaran.

Diharapkan teknologi ini bisa digunakan disekolah-sekolah  dan daerah-daerah lainnya. Dengan metode baru ini saya yakin pasti setiap siswa akan selalu siap mengikuti pelajarna dengan semangat yang baru tiap harinya.

Bagai mana menurut anda??

0 komentar to "MultiPoint Alternatif Media Pembelajaran Baru"

Leave a comment

Jika ada pendapat dan masukan silahkan tinggalkan komentar di sini

Terima kasih.